Diary to Ambon Manies-e


Ambon dikenal dengan kota yang penuh konflik, mulai dari konflik pertikaian antar suku hingga antar agama. Kabar kabarnya, bahkan pada beberapa tahun yang lalu ada gosip bahwa tersebar sniper yang siap menembak orang yang keluar dari Ambon.

Perjalanan dari Surabaya – Ambon dapat ditempuh dengan 2 jalan,
*penerbangan Batavia -direct flight
*penerbangan Lion – Sby- Makassar – Ambon

ambon kota
Kali ini penerbangan mulai dari jam 09:00 , sekitar 1,5 jam menuju Makassar. Transit Makassar selama 15 menit untuk menuju Ambon yang ditempuh sekitar 1,5 jam kembali. Perjalanan yang melelahkan ditambah time difference 2 jam dari Surabaya menyebabkan capek dan gerah luar biasa. Akan tetapi, melihat pulau berbentuk U dengan hamparan pantai yang berair biru tua dengan rumah rumah yang berundak undak di hamparan pegunungan dapat meringankan capek tubuh dari perjalanan.

Hari pertama, langsung menuju tempat makanan… Ambon terkenal dengan hasil laut ikan segar. Makan berlima dengan 5 ekor ikan bakar berbeda hanya menghabiskan sekitar 35rb per orang, sepertinya worth it banget deh… Bumbu jeruk yang dibuat olesan sebelum makan ikan merupakan sensasi lidah yang berbeda tapi dijamin enak banget…

Hotel di Ambon tidak sulit ditemukan, karena kota Ambon termasuk tidak terlalu besar, hotel di Ambon berkisar 500an, seperti hotel Manise, Hotel Amboina. Hotel Manise, sedang dalam perbaikan sehingga anda akan merasakan suara berisik.

Pantai Natsepa
Pantai Natsepa

Hari kedua, Pantai Natsepa, salah satu pantai yang indah di Ambon, anda disuguhi hamparan pantai yang masih ‘virgin’ dari sampah dan lumpur, sehingga dapat bermain air, mendayung perahu dan jangan lupa untuk menikmati sepiring rujak Ambon dan kelapa muda es. (Ingat di Ambon, yang dikenal adalah teh gula es, bukan es teh manis).

martaKalau ke Ambon, jangan lupa juga untuk mengunjungi site Marta Christina Tiahahu pada waktu sore hari, disana anda dapat melihat kota ambon dan pegunungannya dengan cantiknya dipadu dengan warna matahari yang sangat fenomenal. Andai di lokasi ini dibuat cafe yang dapat melihat pemandangan ini, pasti ramai dikunjungi para turis. Makanan khas Ambon adalah Nasi kuning ambon dan Nasi ikan. Yummy..patut dicoba
nasi ikan

Ada pula UD Mawar Jingga yang siap melayani anda untuk mutiara laut kualitas pulau Dobo yang ternama, dan pantai pantai lainnya bilamana anda menyukai olah raga Diving dan kabar2nya ada Giant Eels yang jinak yang akan datang dan dapat disentuh. Sayang karena masa tugas berakhir cepat, maka beberapa tempat tersebut tidak dapat dinikmati..

However, hope that this blog gives some tourism information about Ambon.

2 thoughts on “Diary to Ambon Manies-e”

  1. Kalau bicara tentang Ambon, tidak akan pernah lupa akan kenangan indahnya nuansa dan alam disekitar.
    Kebetulan Maluku Selatan (P.Ambon, Bandaneira, P Seram) dan Maluku Tenggara ( Tual, Dobo, Kei ), sudah pernah saya jelajahi. Sayang semenjak kerusuhan, seakan – akan perdaban mundur lebih dari 10 tahun.
    Kurang menarik jika di Ambon tidak sekalian ke Banda atau ke P.Seram sekalian, jauh lebih indah, alami dan tanpa tersentuh.
    Jika ada kesempatan ke Ambon lagi, coba ke Taman Nasional Manusela di Seram Bagian Barat, kemudian ke Danau air payau di daerah Seram Bagian Timur.

    Regards

    1. Iya .. bener,
      kebetulan kam sampai ke perbatasan … yang masi saja kerasa seremnya karna masih dijaga tentara…

      Sayang memang belum pernah ke taman nasional atau daerah yang lebih dalam ,karna kita menjelajah sewaktu kerja … jadi bener2 nga bisa all out.. sayangnya..
      hanya daging se’i yang buat tergila gila terus hehehehe

      Ada juga taman makam pahlawan yg pengen aku foto..dan foto dari ketinggian yg bisa ngliat laut.. bagus banget, tapi temen2 pada nga mau berhenti..
      Indonesia memang punya banyak kekayaan yang kurang terexplore untuk WN nya sendiri, sayangnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s